6 Ciri-Ciri Umum Dari Masayrakat Modern

6 Ciri-Ciri Umum Dari Masayrakat Modern

Seiring dengan berkembanganya zaman, perkembangan pada perilaku manusia juga mengalami perubahan yang disebut dengan modernisasi. Beberapa faktor pendorong dari perubahan informasi tentang kehidupan masyarakat modern ini adalah karena teknologi, industry, ilmu dan juga ekonomi. Informasi tentang kehidupan masyarakat modern ini tentu sangat berbeda dengan mayarakat tradisional. Berikut informasi tentang kehidupan masyarakat modern dilihat dari ciri-cirinya:

  • Mobilitas tinggi

Perubahan  dan perpindahan pada masyarakat modern memang tinggi. Hal ini disebabkan karena pikiran mereka yang selalu terbuka, sehingga membuatnya semakin ingin tahu hal-hal yang baru. Teknologi komunikasi dan informasi yang semakin berkembang juga memudahkan mereka berpindah dari satu tempat ke tempat yang lain.

  • Masyarakat terbuka

Secara umum masyarakat modern lebih terbuka, mulai dari teknologi baru, kebudayaan baru ataupun pendapat baru. Berbeda halnya dengan masyarakat tradisional yang lebih bersifat tertutup. Mereka melakukan ini untuk menjaga nilai-nilai  dari para leluhur agar tidak terjadi perubahan.

  • Heterogen

Masyarakat modern yang lebih terbuka akan segala hal-hal baru akan membuat segala sesuat menjadi lebih beragam atau heterogen. Selain mata pencaharian yang lebih beragam karena tidak selalu bergantung pada alam, masyarakat modern mudah berakulturasi dengan budaya lain melalui perkawinan dengan orang yang bukan dari dalam kelompoknya.

  • Individual

Umumnya masayarakat moden memang cenderung lebih individual. Kebanyakan orang modern lebih mengutamakan kepentingan diri sendiri dan keluarga dalam melakukan berbagai aktivitas. Sehingga mereka tidak menempatkan kepentingan kelompok sebagai prioritas.

  • Objektif

Masyarakat modern mempertimbangkan segala hal dengan pemikiran yang lebih objektif. dalam membuat keputusan mereka tidak lagi mempertimbangkan nilai-nilai dari para leluhur. Melainkan berdasar pada paerpaduan pertimbangan kepercayaan atau agaman, kebutuhan masa kini, prestasi dan penghargaan serta kebutuhan di masa mendatang.

  • Percaya pada teknologi

Kepercayaan masyarakat modern pada teknologi sangatalah besar. Segala bentuk aktivitasnya dilakukan serba cepat dengan menggunakan teknologi . Masyarakat modern beranggapan jika menjaga, memelihara serta melaksanakan nilai-nilai merupakan suatu upaya dalam menjaga keharmonisan hidup.